Uji Publik Strada dan Pergub Mencegah Perkawinan Anak: Kadis DP3A Dalduk KB Sulsel Akan Menjadi Acuan Bagi Seluruh Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan

dp3a.sulselprov.go.id-Bertempat di Hotel Max One Makassar, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Institut Community Justice (ICJ) sebagai salah lembaga mitra dalam pencegahan perkawinan anak melakukan uji publik terhadap Pergub dan Dokumen Strada Pencegahan Perkawinan Anak Provinsi Sulawesi Selatan. 

Selama 3 tahun berturut2 Sulsel menunjukkan penurunan angka perkawinan anak yg significan yaitu dari 14,74 tahun 2017 menjadi 12.11 tahun 2019 walaupun masih sedikit diatas rata2 nasional. 

Ditengah pandemi covid 19 tetap dilakukan berbagai upaya pencegahan  perkawinan anak di Sulawesi Selatan termasuk penyusunan regulasi Strada, yang dituangkan dalam peraturan Gubernur Sulsel.


Kadis DP3A Dalduk KB Sulsel Dr. dr. Hj Fitriah Zainuddin, M. Kes mengatakan Strada yg saat ini lagi diuji publik,   merupakan inisiasi kerjasama antara Dinas DP3A Dalduk KB Sulsel Bekerjasama dengan Institut Community Justice (ICJ) yang disupporting dari Australian Partnership of Justice (AIPJ2). Dokumen ini akan menjadi acuan bagi seluruh Kabupaten/Kota agar dapat bersinergi dalam melakukan pencegahan  perkawinan anak yang dampaknya multi dimensi dan bermuara pada kegagalan pembangunan diberbagai sektor.

"Jika dokumen ini sudah selesai maka kita akan menginisiasi ke regulasi yang lebih tinggi yaitu  perda pencegahan  perkawinan anak. Hal ini juga telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan," ungkap Fitriah Zainuddin pada kegiatan Lokakarya strategi daerah (strada) dan pergub pencegahan perkawinan anak dihotel Maxone Rabu (17/3)

"Kedepan kita akan membentuk Satgas yg akan mengawal aksi di tingkat provinsi. Kita juga akan membuat instrument evaluasi terkait  rencana aksi yg dilakukan agar dapat diukur pelaksanaannya," tutupnya.