Konsultasi DPRD Kab. Bulukumba tentang pembentukan UPTD PPA Kab. Bulukumba di UPTD P2TP2A Dinas PPPA Dalduk KB provinsi Sulawesi Selatan

dp3a.sulselprov.go.id-Konsultasi DPRD Kab. Bulukumba tentang pembentukan UPTD PPA Kab. Bulukumba.  Dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Bulukumba, Ketua dan Anggota Komisi D Kab. Bulukumba dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Diterima secara resmi oleh Kadis P3A Dalduk KB Provinsi Sulawesi Selatan DR. dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M. Kes bersama Sekretaris DP3A Dalduk KB, Kepala UPTD PPA Provinsi Sulawesi Selatan, dan seluruh bidang dan seksi terkait. 

Tujuan adalah untuk mengetahui secara rinci penyediaan layanan khusus untuk perlindungan perempuan dan anak, yang terdiri dari layanan pengaduan dan rujukan, layanan pemeriksaan dan pendampingan psikolog, dan konsultasi dan pendampingan hukum, mediasi, dan penyediaan rumah aman bagi korban yg membutuhkan.  

Dasar pembentukan UPTD PPA adalah Permen PPPA RI, Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pedoman Pembentukan UPTD PPA. Pembahasan khususnya struktur 

UPTD PPA, termasuk type yang

sesuai dengan Kabupaten Bulukumba. 

Diharapkan dengan adanya UPTD PPA, lebih mendekatkan layanan perlindungan perempuan dan anak pada masyarakat, dan paling penting secara simultan dilakukan pencegahan sehingga pada akhirnya dapat menurunkan ratio kekerasan terhadap perempuan dan anak.(*)